Kebijakan PT. Tunas Sawa erma untuk
Perkebunan Kelapa Sawit yang Berkelanjutan

Tanaman kelapa sawit merupakan salah satu sumber daya alam yang luar biasa, yang memiliki hasil dan tingkat efisiensi lahan yang lebih tinggi dibandingkan tanaman lain yang sejenis. Indonesia dianugerahi karakteristik alam dan kondisi cuaca yang mendukung untuk perkebunan kelapa sawit, minyak kelapa sawit telah menjadi salah satu produk pertanian Indonesia yang paling sukses ditunjukkan dengan nilai ekspor yang mencapai US$ 18,64 milyar di tahun 2015, dengan pertumbuhan tahunan 8%. Kelapa sawit telah menjadi salah satu jangkar perekonomian Indonesia, berkontribusi sebesar 1,6% terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional, menjadi sumber penghasilan bagi lebih dari 4,5 juta orang, sebagian besar di daerah pedesaan yang terpelosok dan serba kekurangan. Kelapa sawit menjadi sumber pendapatan dan pembangunan ekonomi untuk negara dan rakyatnya.

Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap minyak kelapa sawit, kepedulian para pemangku kepentingan terhadap praktek berkelanjutan dan bertanggung jawab minyak kelapa sawit semakin meningkat, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai respon atas peningkatan kepedulian tersebut, PT. Tunas Sawa Erma berkomitmen untuk mengimplementasikan produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, termasuk mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan terkait, konservasi keanekaragaman hayati, operasi yang ramah lingkungan, praktek ketenagakerjaan, perlindungan hak asasi manusia, dan peningkatan mata pencaharian masyarakat lokal.  Hal tersebut sangat penting untuk PT. Tunas Sawa Erma bahwa semua minyak kelapa sawit diproduksi secara ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial.  Kami menjadikan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) sebagai standar utama untuk produk-produk minyak kelapa sawit berkelanjutan dan mendukung berbagai upaya ISPO untuk mengembangkan mekanisme dalam membedakan produk-produk minyak kelapa sawit yang berkelanjutan.

Ruang lingkup & Batasan

Kebijakan ini berlaku untuk semua bidang operasi PT Tunas Sawa Erma di Indonesia, baik secara internal dan eksternal termasuk semua supplier, pekerja, pegawai, pengunjung, dan pihak ketiga. Kebijakan ini dirancang untuk mendorong perbaikan dan transformasi yang berkelanjutan di dalam perusahaan melalui kolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, asosiasi-asosiasi industri, akademisi, komunitas lokal, pelanggan, pekerja, dan LSM.

Komitmen Kami

Area perkebunan kelapa sawit kami terletak di Papua yang sangat terkait dengan masyarakat setempat. Perburuan satwa liar hanya diperbolehkan jika dilakukan oleh masyarakat sekitar dan secara terbatas untuk memenuhi kebutuhan pangan atau upacara adat. Selain itu, perburuan satwa liar tidak diperbolehkan dan hal ini ditunjukkan dengan papan nama.

Saat ini kami belum mengembangkan perkebunan plasma dan kami tidak membeli TBS dari pemasok lain. Semua TBS dipasok dari perkebunan milik perusahaan, meskipun kami bukan anggota RSPO.

Pengawasan terhadap flora dan fauna dilakukan setiap 6 bulan atau 1 tahun secara berkala sesuai dengan dokumen lingkungan masing-masing perusahaan.

Kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan

  • Kami berkomitmen untuk mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang terkait yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia.

  • Kami melakukan komunikasi rutin dengan pemerintah pusat dan daerah serta berkontribusi secara aktif menuju perbaikan industri minyak kelapa sawit di Indonesia melalui asosiasi-asosiasi industri dan dukungan kami terhadap berbagai program pemerintah.

  • Kami tidak berkolaborasi dengan institusi/organisasi yang ilegal dan/atau tidak terdaftar secara hukum di Republik Indonesia.

  • Kami mendukung transparansi di semua bidang operasional melalui pelaporan, presentasi publik dan berbagai sarana komunikasi lainnya.

Operasi yang Efisien dan Kualitas Produk

  • Kami bangga atas tindakan dan komitmen kami untuk memastikan produk berkualitas terbaik bagi para pelanggan.

  • Kami menerapkan mekanisme pengendalian mutu yang ketat di seluruh operasi kami, dari seleksi benih, penanaman, pemanenan, produksi dan pengiriman produk ke pelanggan.

  • Kami terus berupaya untuk meningkatkan hasil dan efisiensi melalui inovasi dan perbaikan terus menerus, dengan cara pengendalian hama yang terintegrasi, praktek agronomi, kajian hara tumbuhan, dan/atau berbagai praktik baik lainnya yang dapat diterapkan serta sesuai dengan operasional kami. 

Perkebunan Kelapa Sawit yang Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab

  • Kami tidak membangun pada lahan gambut dan tidak berencana untuk mengembangkan lahan gambut menjadi area operasi kami.

  • Kami berkomitmen untuk melindungi lahan gambut, yang diartikan sebagai tanah yang mengandung lebih dari 65% unsur organik, dengan kedalaman berapapun.

  • Kami berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah,  pihak yang secara hukum berkompeten, pihak ketiga independen yang terdaftar secara hukum di Indonesia untuk melaksanakan kajian Nilai Konservasi Tinggi / High Covervation Value (HCV) dan Cadangan Karbon Tinggi/High Carbon Stock (HCS) di area operasi kami.

  • Kami terlibat dan melakukan konsultasi dengan para pemangku kepentingan, terutama Pemda, Pemerintah Pusat, komunitas lokal dan para petani plasma dalam melaksanakan kajian HCV dan HCS. Sebagai hasilnya, kami berkomitmen untuk mengembangkan areal perkebunan kelapa sawit  sesuai dengan penelitian dan hasil konsultasi ini.

  • Tidak ada penggunaan api.  PT. Tunas Sawa Erma tidak menggunakan api untuk semua tujuan operasional di area perkebunan kami dan akan terus mempertahankan kebijakan nol kebakaran yang telah lama diterapkan.

Perlindungan HAM dan Penghargaan terhadap Budaya Lokal

  • Kami melarang praktik tenaga kerja ilegal, abusif, dan pemaksaan, serta penggunaan pekerja anak dalam wilayah operasi kami baik  di perkebunan maupun di pabrik.

  • Kami berkomitmen untuk menghargai dan melindungi HAM, hak-hak pekerja, termasuk pekerja kontrak, sementara, dan migran, penghapusan diskriminasi dalam pekerjaan, dan mendorong kesetaraan hak, kebebasan berorganisasi, dan hak tawar kolektif.

  • Kami menghargai komunitas adat dan lokal untuk memberikan persetujuan atau tidak  (Free, Prior and Informed Consent) atas penggunaan lahan yang mereka miliki baik secara legal, komunal, maupun adat.

  • Kami sangat menentang penggunaan tenaga kerja secara paksa, dan akan bekerja bersama pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan keluhan dan sengketa berdasarkan hukum Indonesia. 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  • PT. Tunas Sawa Erma berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang sehat, selamat, dan aman.

  • Kami berkomitmen untuk mematuhi standar kesehatan dan keselamatan kerja baik di tingkat nasional dan internasional di lingkungan kerja kami.

  • Kami menyediakan pelatihan dan sosialisasi tentang kesehatan dan keselamatan kerja kepada semua pegawai, pekerja, dan pengunjung.

  • Kami berusaha untuk mencapai zero accident.

  • Kami berkomitmen untuk menyediakan Perlengkapan Kerja (Personal Protective Equipment) yang cukup dan tepat kepada semua pegawai, serta terus meningkatkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja bagi semua pekerja dan kontraktor kami.

  • Kami menghindari penggunaan bahan kimia dan pupuk beracun dalam operasi kami.

Kontribusi pada Ekonomi dan Komunitas Lokal 

  • Kami berkomitmen untuk membangun perkebunan kelapa sawit, yang sesuai dengan peraturan di Indonesia, untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi komunitas lokal.

  • Mendukung integrasi para petani plasma kami dalam rantai pasok (sustainable supply chain).

  • Kami berkomitmen untuk pembangunan ekonomi lokal melalui berbagai program dan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), termasuk infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan sosial yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan mata pencahariaan komunitas lokal. 

Review on Preview

Kami akan terus menawarkan produk-produk minyak kelapa sawit yang berkelanjutan untuk memenuhi permintaan para pelanggan kami. Kami akan memantau penerapan kebijakan ini dalam proses dan operasi kami dan terus menerus meningkatkan operasi terkait perkebunan dan produksi minyak kelapa sawit. Terkait tujuan tersebut, kebijakan ini akan direview setiap tahun oleh Manajemen.

 

October 2016,
Tunas Sawa Erma